XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 26 Januari 2007

FLYBOYS : Drama Perjuangan Para Pilot Pesawat Tempur

Quotes:
Reed Cassidy-Some day it'll just end. Everyone will go home, get on with their lives. Tall grass will cover the battlefields. And all the pilots we've lost won't mean a damn thing.

Cerita:
Perang Dunia I telah mulai di Eropa tahun 1917, AS masih belum terlibat. Tapi banyak pemuda Amerika pergi ke Perancis dan bergabung dengan pasukan sekutu, skuadron tempur Lafayette Escadrille. Sementara itu pihak Jerman punya pesawat, persenjataan dan pilot yang lebih baik. Pilot pesawat tempur rata-rata berumur pendek. Lalu mengapa mereka mau terlibat sementara negara mereka sendiri tak terlibat perang? Inilah saat bagi mereka untuk berpetualang. Blaine Rawlings terpaksa meninggalkan Arizona setelah usaha pertanian keluarganya disita oleh bank. Blaine Lowry merasa gagal dalam hidupnya dan merasa malu pada ayahnya yang kaya raya. Seorang petinju kulit hitam Eugene Skinner telah tinggal lama di Perancis dan ingin berbakti pada negara barunya. Pasukan Amerika dikomandio warga Perancis, Kapten Georges Thenault dan pemimpin skuadron, Reed Cassidy. Mereka adalah pasukan pilot pesawat tempur terhebat di dunia!

Gambar:
Sinematografi yang cukup mengagumkan terutama beberapa adegan pertempuran antar pesawat di udara.

Act:
James Franco yang cuma menjadi sidekick dalam film superhero terlaris Spiderman kali ini didapuk sebagai pemeran utama, Rawlings yang setia kawan dan tidak kenal takut.
Jennifer Decker sebagai gadis Perancis love interestnya Rawlings, Lucienne yang bermain memikat disini.
Martin Henderson yang pernah mendampingi Naomi Watts dalam The Ring memerankan Cassidy yang kalem tapi berjiwa pemimpin.Jangan lupakan aktor kawakan Jean Reno sebagai Kapten Thenault yang angkuh dan tegas.

Sutradara:
Aktor-produser-sutradara, Tony Bill yang lebih banyak berkecimpung di dunia televisi dipercaya memegang film epik Flyboys. Tidak terlalu buruk memang, hanya saja gaya pertelevisiannya masih melekat sehingga kesan megah untuk tontonan layar lebar kurang didapat.

Komentar:
Menyaksikan Flyboys mungkin awalnya membuat kita berharap banyak, terutama melihat jajaran cast yang cukup menjanjikan. Tapi sayang karena melihat keseluruhan aspek, film ini hanya sampai pada taraf lumayan. Ada sesuatu yang kurang dari segi penceritaan sehingga terkesan turun naik sepanjang film. Namun tetap menarik menyaksikan melihat pertempuran udara dari jarak dekat dengan teknik yang tergolong detail yang memang daya jual utamanya.

Durasi:
130 menit

U.S. Box-Office:
$13,082,288 till end of 2006

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: