XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 24 Februari 2013

KAI PO CHE : Moving Portrait of Meaningful Friendship


Quotes:
Brothers.. .For life.

Nice-to-know:
Adaptasi novel berjudul The Three Mistakes of My Life dari Chetan Bhagat.

Cast:
Amrita Puri sebagai Vidya
Sushant Singh Rajput sebagai Ishaan
Amit Sadh sebagai Omi
Raj Kumar Yadav sebagai Govind

Director:
Merupakan film ketiga bagi Abhishek Kapoor setelah Rock On!! (2008).

W For Words:
Seberapa banyak kita melakukan kesalahan dalam hidup? Jawabannya mungkin tak terhingga. Sama halnya dengan film produksi UTV Motion Pictures ini yang menyorot garis besar ambisi, cinta dan mimpi dalam balutan persahabatan antara tiga pemuda dengan karakteristik yang berbeda-beda. Mungkin ingatan anda akan melayang pada 3 Idiots (2009) tapi yang membedakannya adalah tidak ada Aamir Khan atau satupun nama besar di sini. Semua didominasi oleh wajah-wajah baru yang menyuguhkan akting terbaik mereka.

Tiga sahabat yang tinggal di Ahmedabad merajut impian bersama yaitu membuka toko olahraga dengan fasilitas pelatihan. Ishaan yang pernah menjadi pemain cricket berjumpa dengan bocah 9 tahun bertalenta, Ali. Govind yang paling cerdas kerap mencermati siklus keuangan. Omi mengandalkan pamannya yang juga tokoh politik sebagai investor tetap. Lambat laun usaha mereka menampakkan hasil terlepas dari jatuh bangun dalam prosesnya. Namun insiden gempa bumi dan kerusuhan Gujarat yang terjadi mengubah segalanya.
Skrip yang dikerjakan oleh kuartet Pubali Chaudhari, Supratik Sen, Abhishek Kapoor, Chetan Bhagat ini betul-betul terasa membumi dengan mengambil potret kehidupan warga kelas menengah India sebagai settingnya. Bagaimana setiap karakter yang terlibat meski terlihat sederhana tetap mewakili kompleksitas nyata keadaan negara tersebut mulai dari tingkat sosial ekonomi yang rendah hingga kondisi politik yang carut marut. Tak lupa beberapa peristiwa historis juga diangkat bukan melulu gimmick melainkan unsur penguat konflik yang ada.

Govind Patel mewakili kaum kapitalis, Omkar Shastri Rajkumar menyoroti kepentingan politik, Ishaan Bhatt mencerminkan kawula muda pemimpi. These characters will represent each of you! Tell you what, Raj Kumar Yadav, Amit Sadh, Sushant Singh Rajput terlepas dari embel-embel ‘pendatang baru’ di belakang nama masing-masing sukses menampilkan akting luar biasa. Penjiwaan yang begitu kuat membuat penonton mampu menangkap setiap kegelisahan yang bergejolak di antara mereka. Persahabatan yang berjalan dari awal sampai akhir pun terkesan believable.

Kerja keras sutradara Abhishek Kapoor yang sempat kesulitan mencari cast yang mau terlibat dalam film ini terbayar sudah. Narasinya yang unpredictable akan menjaga rasa penasaran anda untuk menerka kemana arah film melaju lengkap dengan sinematografi memukau dari berbagai aspek. Kinerja art director, make-up artist, costume designer dalam mewujudkan props ‘sungguhan’ kian mengukuhkan nuansa Gujarat dan India secara global. Jangan lupakan musik Amit Trivedi yang megah itu termasuk satu track berjudul “Manja” yang dinyanyikan ketiga aktor utamanya.

Kai Po Che akan membuat anda merasakan selama menonton dimana rasa itu masih akan tertinggal setelahnya. Bingkai persahabatan indah yang menggulirkan begitu banyak makna dalam prosesnya. Bagaimana tolak ukur dalam hidup terkadang menjadi obsesi setiap orang, keuntungan, kekayaan, kekuasaan, kesuksesan, ketenaran kerap kali mempunyai harga yang harus dibayar mahal. Jika demikian air mata dan penyesalan sekalipun tidak dapat mengubah segalanya. It’s a mainstream film with coming-of-age approach. Bittersweet yet satisfying.

Durasi:
125
menit

U.S. Box Office:
$552.765 till Feb 2013

Overall:
8 out of 10 

Movie-meter:

Tidak ada komentar: