XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 29 November 2011

BRUC, THE MANHUNT : Perburuan Hidup Mati Penabuh Gendang Perancis


Storyline:
Berkisah mengenai tokoh legendaris Spanyol bernama Bruc, seorang pemuda yang gebukan drumnya berhasil menundukkan ratusan tentara Napoleon selama Perang Kemerdekaan Spanyol di tahun 1808. Napoleon kemudian menugaskan pembunuh berbahaya Maravel dan antek-anteknya untuk memburu Bruc atas bertanggungjawab termasuk dengan menculik Gloria, gadis yang dicintainya.

Nice-to-know:
Film yang berjudul asli Bruc. La llegenda ini rilis di negara asalnya, Spanyol pada tanggal 22 Desember 2010 yang lalu.

Cast:
Juan José Ballesta sebagai Bruc
Vincent Perez sebagai Maraval
Astrid Bergès-Frisbey sebagai Gloria
Santi Millán sebagai De la Mata
Nicolas Giraud sebagai Nouaille

Director:
Daniel Benmayor sebelumnya menggarap Paintball (2009).

Comment:
Skrip yang ditulis oleh Jordi Gasull dan Patxi Amezcua ini berusaha keras menampilkan epik kepahlawanan seorang Bruc. Harus diakui Juan José berakting cukup apik sebagai pemuda lugu yang harus menyaksikan keluarganya dibunuh atau menyebabkan wanita yang dicintainya berada dalam bahaya. Luapan emosi yang terpendam berhasil ditumpahkan lewat perjuangan berani mati satu lawan sekian dengan mengandalkan perhitungan dan kecerdasannya. Namun kalah cemerlang dari penjiwaan Perez sebagai antagonis yang menyuguhkan kebengisan ala manusia.
Sutradara Benmayor menyuguhkan visualisasi yang cukup indah lewat latar belakang lanskap pegunungan Spanyol yang berbatu-batu, hutan yang berlika-liku serta gua tak berujung itu. Permainan orkestra dari Xavier Capellas yang dibekali dengan berbagai instrumen musik itu berhasil menciptakan atmosfer tersendiri di sela-sela perburuan ala kucing tikus tersebut yang tak jarang berujung pada adegan gory yang diharapkan dari film bergenre sejenis.

Bujet rendah merupakan isu tersendiri disini. Tidak heran jika spesial efek yang diharapkan terasa kurang maksimal. Contoh paling nyata adalah saat Bruc menabuh drum untuk membuat longsoran batu berjatuhan menimpa para tentara Napoleon tersebut seakan dilakukan oleh kamera yang digoyang-goyang sedemikian rupa saja. Setidaknya itu yang terlintas dalam kepala saya. Selebihnya memang tidak terlalu kentara palsunya.
Kejar-kejaran yang terjadi antara Bruc dan Maraval di sepanjang film memang terkesan melelahkan karena berdurasi satu setengah jam tanpa kedalaman cerita ataupun kekuatan karakterisasinya sama sekali. Ketegangan yang berusaha dibangun pun masih di bawah standar yang diinginkan sehingga penonton bisa jadi sulit bertahan di kursinya. Bruc, The Manhunt sebetulnya memiliki potensi untuk lebih realistis dan inspiratif tetapi pada akhirnya serba datar dan membosankan.

Durasi:
95 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: