XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 14 Oktober 2011

KILLER ELITE : Tugas Politik Wajib Pensiunan Pembunuh

Quotes:
Hunter: I gotta cover my expenses.
Danny Bryce: You and I got a lot in common.


Storyline:
Setelah tugas membunuh seorang pria di depan anaknya sendiri di Mexico, Danny bertekad berhenti dan memulai hidup barunya bersama Anne. Sayangnya di Australia, Sheikh Amr menugaskannya untuk menyelesaikan misi gagal mentornya yang kini dipenjara, Hunter. Bersama dengan Davies dan Meier, Danny mulai memburu tiga petugas SAS untuk pengakuannya. Paris, London sampai Asia Tengah, Danny harus bermain kucing-kucingan dengan pemimpin kelompok militer rahasia, Spike sebelum benar-benar keluar dari permainan hidup matinya itu.

Nice-to-know:
Diproduksi secara keroyokan oleh Omnilab Media, Ambience Entertainment, Current Entertainment, Film Victoria, International Traders, Open Road Films, Palomar Pictures, Sighvatsson Films dan Wales Creative IP Fund.

Cast:
Mengawali karir aktornya lewat Lock, Stock and Two Smoking Barrel (1998), Jason Statham berperan sebagai Danny
Pertama muncul di usia 23 tahun lewat serial televisi Rockliffe's Babies (1987), Clive Owen bermain sebagai Spike
Robert De Niro sebagai Hunter
Dominic Purcell sebagai Davies
Aden Young sebagai Meier
Yvonne Strahovski sebagai Anne

Director:
Gary McKendry cuma pernah menangani film pendek berjudul Everything in This Country Must (2004) sebelumnya.

Comment:
Jason Statham mungkin sebuah nama yang membosankan bagi saya karena nyaris selalu tampil stereotype, tapi tidak halnya dengan Robert De Niro dan Clive Owen yang selalu memuaskan dalam peran-perannya. Menggabungkan ketiganya dalam sebuah film aksi yang diembel-embeli “berdasarkan kisah nyata” yang tertuang dalam buku buah pena Ranulph Fiennes merupakan nilai jual utama bagi film yang skripnya dikerjakan oleh Matt Sherring ini.
Statham biasa dikenal sebagai pembunuh “super” yang mampu menghabisi siapapun juga yang menghadang jalannya, DeNiro biasa melontarkan monolog ataupun dialog yang penuh arti didukung dengan ekspresi khasnya sedangkan Owen biasa dikenali oleh penjahat tangguh yang licin. Ketiganya memang mampu memenuhi rasa dahaga anda dengan aksi-aksinya tapi entah mengapa saya merasa tidak ada ikatan yang kuat dengan penonton sehingga “mengikuti” wajahnya saja yang diingat bukan nama-nama mereka.

Debut penyutradaraan McKendry terbilang tidak mengecewakan. Gayanya menyajikan action thriller yang maskulin ini cukup meyakinkan walaupun sedikit terkesan old-fashioned layaknya tahun 80an, bisa jadi demi menyiasati bujet yang tidak terlalu tinggi ini. Serentetan adegan tembakan, pemukulan, kejar-kejaran mobil hingga pembunuhan sadis dijamin akan memuaskan anda terlebih pada satu sekuens dimana Statham dan Owen saling beradu mulut dan fisik sekaligus.
Plot cerita yang didasarkan oleh “The Feather Man” ini menawarkan sejumlah twist yang unpredictable sekaligus berbagai subplot yang saling kait-mengait. Membuat anda mereka-reka di sepanjang film, apa sesungguhnya motivasi mereka jika dihadapkan satu sama lain. Si A yang seharusnya membunuh si B malah gagal karena terbunuh dulu oleh si C. Sayangnya tempo cepat yang dikembangkan tidak diimbangi oleh kinerja kamera Simon Duggan yang terasa shaky dan seringkali terlalu close up itu.

Killer Elite adalah film aksi yang menyenangkan penuh intrik yang menjadikan seluruh tokohnya abu-abu. Silakan pilih karakter siapa yang anda bela sejak awal. Membayangkan kejadian nyata yang ditata sedemikian rupa, tidak heran jika plotnya tergolong rumit dengan batasan-batasan yang sulit diterima akal sehat karena sudah melibatkan unsur politik. Yang jelas bagi insan semacam mereka, membunuh itu mudah tetapi sulit menjalani kenyataan hidup setelahnya.

Durasi:
116 menit

U.S. Box Office:
$21,646,929 till Oct 2011

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: