XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 29 Januari 2012

THE THING : Transformasi Alien Ancaman Manusia


Tagline:
It's not human. Yet.

Nice-to-know:
Produser berhasil meyakinkan Universal Studios untuk membuat prekuel dari The Thing karya John Carpenter daripada meremakenya.

Cast:
Mary Elizabeth Winstead sebagai Kate Lloyd
Joel Edgerton sebagai Sam Carter
Ulrich Thomsen sebagai Dr. Sander Halvorson
Eric Christian Olsen sebagai Adam Finch
Adewale Akinnuoye-Agbaje sebagai Jameson

Director:
Merupakan debut penyutradaraan Matthijs van Heijningen Jr. yang sebelumnya hanya menangani film pendek.

W For Words:
Apabila anda berpikir film ini adalah remake John Carpenter’s The Thing (1982) yang ternama itu maka dugaan tersebut salah. Eric Heisserer, John W. Campbell Jr. lebih memilih mengerjakan skrip berdasarkan cerita pendek “Who Goes There?” yang mereka kembangkan ke dalam sebuah feature film. Temanya memang tidak jauh berbeda yaitu alien alias makhluk angkasa luar yang datang ke bumi dengan tujuan yang tidak baik tentunya.

Ilmuwan, Dr. Sander Halvorson mengundang mahasiswi paleontologis Kate Lloyd untuk melakukan ekspedisi ke daerah terpencil Antartika. Disanalah terdapat fosil alien yang membeku dalam lapisan es yang tebal yang juga menarik perhatian sekelompok peneliti ilmiah Norwegia yang menemukan kapal luar angkasa. Sesuatu yang diperkirakan telah mati ternyata mampu meneror dalam bentuk baru yang mematikan dan tidak terduga. Mereka yang tersisa harus bertahan hidup sekaligus melenyapkan makhluk tersebut sebelum berekspansi ke dunia nyata.
Matthijs van Heijningen Jr. berupaya setia dengan gaya John Carpenter, terlihat dari nuansa dinginnya area bersalju yang menjadi latar belakang, lorong lengang yang misterius dengan permainan musik latar yang mencekam dsb. Efek CGI mampu membuat transformasi makhluk-makhluk tersebut terlihat meyakinkan apalagi dalam bentuk yang tak kalah kreatif dalam menghadirkan kesadisan dan kengerian yang bertubi-tubi di sepanjang filmnya.

Tampilnya Mary Elizabeth Winstead sebagai peran utama cukup mengejutkan mengingat dalam The Thing (1982), keseluruhan tokoh utamanya adalah pria. Jika anda berpikiran terbuka mengenai hal ini seharusnya tidak menjadi masalah. Masih ada Edgerton, Thomsen dll yang tetap berupaya menghadirkan superioritas laki-laki dalam sains fiksi misteri ini. Toh semua plot dan subplot yang terpampang dalam skrip memang pada akhirnya bekerja dengan baik sebagai sebuah prekuel.
Meskipun banyak kritikus yang memberikan review buruk, saya tetap berpendapat The Thing adalah hiburan yang menggigit dengan ketegangan yang terjaga di setiap lininya. Prinsip “kill or be killed” juga tercipta disini sehingga tembakan dan ledakan menjadi menu utama yang tidak terhindarkan. Tanpa lupa menyebutkan permainan teka-teki “who is” dan “who isn’t” juga menarik untuk dibuktikan sendiri oleh anda yang kerapkali dapat terlompat dari tempat duduk.

Durasi:
103 menit

U.S. Box Office:
$16,907,450 till Nov 2011.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

Movie Review from Fanboy mengatakan...

Hmm, gw sebetulnya pengen nonton ini di bioskop tapi Journey 2 udah rilis...

Oh ya, gw link n follow ya, kalo berkenan monggo di link n follback-nya...

Thx