XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 30 Agustus 2008

CIVIC DUTY : Saat Kecurigaan Berbuntut Tekanan Jiwa

Tagline:
The War On Terror Just Came Home

Cerita:
Ketika Terry Allen kehilangan pekerjaannya setelah kejadian 9/11, kehidupannya menjadi berubah. Takut dengan serangan lainnya, mimpi buruk Allen menjadi kenyataan setelah seorang pria Timur Tengah pindah ke sebelah rumahnya. Tapi ketika aktifitas mencurigakan dari tetangga barunya itu mengarahkan Allen untuk mempercayai bahwa dia sedang melakukan konspirasi teroris, tidak ada yang bisa mempersiapkan dia utuk seberapa jauh akan bertindak untuk melindungi rumah dan negaranya.

Gambar:
Lingkungan apartemen yang terpencil menjadi satu-satunya setting dalam film ini dan berhasil diekspos dengan cukup maksimal.

Act:
Peter Krause lebih banyak berkecimpung dalam serial teve Amrik sana termasuk Six Feet Under. Sebagai Terry Allen yang paranoid dan tertekan, ia menunjukkan kemampuannya sebagai aktor watak yang bagus.
Aktris Kanada, Kari Matchett juga lebih banyak bermain layar gelas termasuk 5 episode E.R. dan kali ini kebagian peran Marla Allen yang harus menghadapi suaminya yang sedang terganggu jiwanya.
Aktor Yunani, Khaled Abol Naga sebagai Gabe Hassan, tetangga baru yang misterius gerak-geriknya.

Sutradara:
Merupakan film kedua bagi Jeff Renfroe setelah Paranoia : 1.0 yang ironisnya langsung masuk deretan video. Mudah-mudahan ada kesempatan lagi di masa depan baginya karena talentanya cukup menjanjikan.

Komentar:
Plot yang sesungguhnya sederhana namun dikemas dengan menarik. Sebuah fakta yang mengetengahkan rasisme dan sensitifitas orang Amerika terhadap orang Timur Tengah sehingga menimbulkan praduga dalam konteks yang cenderung berlebihan. Dengan dialog yang minimal, film ini mengandalkan kekuatan gambar yang boleh dibilang cukup berhasil karena bantuan backsound yang minim dan akting pemainnya yang sedikit di atas rata-rata. Paruh pertama film menyajikan suspens dan paruh kedua lebih ke drama negosiasi polisi. Yah pada akhirnya semua itu hanyalah "pesan".

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$54,902 till May 2007

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: