XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 06 Juni 2008

MUOI : Lukisan Keramat Dendam Kematian

Tagline:
Death Is Only Beginning Of The Curse

Storyline:
Novelis Yoon Hee sedang dikejar deadline oleh bosnya untuk mendaftarkan tulisan baru. Iapun menghubungi sahabat lamanya Seo Yeon yang sudah tinggal di Vietnam untuk membantunya menyiapkan akomodasi selama perjalanannya. Seo Yeon mengajak Yoon Hee untuk menelusuri legenda lukisan Muoi mengenai arwah seorang gadis yang mati penasaran dan kerap menghantui masyarakat setempat dengan kutukan mautnya. Awalnya Yoon Hee tidak terlalu percaya tetapi lama-lama tertarik. Rahasia masa lalu pun tersingkap yang mungkin terhubung dengan cerita hidupnya sendiri bersama Seo Yeon.

Nice-to-know:
Meskipun produksi Korea tetapi nyaris keseluruhan syuting dilakukan di lokasi-lokasi bersejarah Vietnam seperti Da Lat, Hoi An, My Son.

Cast:
Jo An sebagai Yoon Hee
Cha Ye Ryeon sebagai Seo Yeon
Anh-Thu sebagai Muoi
Anh Hong
Hong So Hee

Director:
Film kedua bagi Kim Tae Kyeong setelah Ryeong (2004) yang juga bergenre horor.

Comment:
Kolaborasi antara Korea dengan Vietnam di dunia film sangatlah jarang dilakukan kalau tidak mau dibilang hampir tidak terpikirkan. Nyatanya terjadi juga disini dimana penulis dan aktor-aktrisnya diwakili oleh kedua negara tersebut. Ide yang tidak buruk karena perfilman Korea sudah jauh lebih maju dibandingkan Vietnam yang baru memulainya beberapa tahun terakhir.
Pengaruh sutradara Kim masih teramat besar. Terlihat dari gaya bertutur dan penggarapannya yang sangat Korea meskipun setting Vietnam memberikan sisi unik tersendiri yang belum pernah diekspos sebelumnya. Lihatlah tempat-tempat seperti Da Lat, Hoi An, My Son mampu menjadi panggung yang tidak kalah menarik.
Karakterisasi para tokohnya cenderung datar dan kurang emosi. Persahabatan sekaligus perseteruan kasat mata Jo An dan Cha Ye Ryeon seharusnya bisa dihadirkan dengan lebih matang lagi. Sedangkan para pendukung dari Vietnam juga terkesan numpang lewat saja terlebih di berbagai adegan flashback yang juga memuat percakapan dialek asli sana.
Muoi yang beredar di jaringan bioskop Blitzmegaplex Indonesia dengan judul The Devil’s Curse ini pada akhirnya terlalu setia dengan pakem horor Asia yang mengandalkan hantu wanita berambut panjang yang melakukan pembalasan. Absurdnya mimpi dan kenyataan juga kembali muncul disini. Twistnya cenderung sederhana dan proses menuju ke sana dapat dikatakan membosankan. Tidak mengesankan!

Durasi:
90 menit

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: