XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 31 Januari 2009

PINTU TERLARANG : Tabir Rahasia Tidak Mesti Selalu Diungkap

Quotes:
Setiap orang memiliki rahasia, istri punya rahasia, sahabat punya rahasia..

Cerita:
Seorang pematung sukses, Gambir sepintas terlihat memiliki kehidupan yang sempurna. Rumah yang megah, mobil yang mewah, harta yang melimpah, teman-teman yang suportif dan tentu saja istrinya yang cantik nan mandiri, Talyda. Semua mulai berubah saat Gambir kerapkali menerima pesan yang berbunyi "Tolong Saya" dari seorang bocah lelaki yang tidak pernah dikenalnya. Rasa penasaran dan jiwa kemanusiaan mendorong Gambir berusaha mencari jawaban untuk menyelamatkan bocah tersebut di saat ia menyadari bahwa mungkin saja orang-orang di sekitarnya menyimpan rahasia besar darinya. Apa yang sesungguhnya tersembunyi di balik sebuah pintu yang akan menjadi kunci dari semua itu?

Gambar:
Sinematografi yang apik karena menampilkan gambar-gambar berkelas yang memanjakan mata dalam berbagai konsep.

Act:
Fachri Albar menunjukkan totalitas aktingnya disini. Sebagai Gambir yang menyimpan masa lalu kelam tapi berusaha bangkit dengan caranya sendiri untuk kemudian menjadi pematung yang boleh dibilang mempunyai segalanya sampai kembali tertekan menghadapi suatu masalah yang mungkin akan mengubah hidupnya.
Penampilan memikat dari Marsha Timothy sebagai Talyda, wanita cantik yang mandiri dan perfeksionis serta merasa punya kendali terhadap suaminya.
Aktor-aktris pendukung lain seperti Tio Pakusadewo, Ariyo Bayu, Otto Djauhari, Henidar Amroe dan lain-lain turut memperkuat jajaran cast dengan gemilang dan saling melengkapi.

Sutradara:
Joko Anwar mungkin masih dalam tahap pengukuhan diri sebagai sutradara papan atas perfilman Indonesia. Dalam Pintu Terlarang ini, Joko menggabungkan beberapa elemen dasar suspense, thriller dan drama dengan sangat baik. Penceritaan mengalir lancar dengan tensi yang meningkat menjelang akhir film. Beberapa kejutan pun tersimpan rapi sehingga membuat penonton menebak-nebak atas apa yang sesungguhnya terjadi. Seperti saya mengutip kata-kata Joko, "Semakin sedikit anda mengetahui cerita film ini, semakin anda akan mampu menikmati film ini". Well done!

Komentar:
Walaupun ada kesan mencomot ide dari beberapa film terkenal luar negeri terutama Hollywood dan Thailand, Pintu Terlarang tetap patut mendapat apresiasi tersendiri karena berani menyuguhkan sesuatu yang berbeda dengan cara yang kreatif. Anda yang ingin melihat kemajuan era baru perfilman Indonesia, wajib nonton salah satu film yang paling ditunggu tahun ini. Dan tidak usah malu mengakui saat anda pada akhirnya salah menerka ending film ini walaupun saya sudah bisa merabanya mulai memasuki dua pertiga terakhir film. Buktikan sendiri!

Durasi:
100 menit

Overall:
7.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: