XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 16 November 2008

THE SHAMAN : Misteri Malapraktek Pedalaman Kalimantan

Cerita:
Dokter muda yang ditugaskan di klinik desa terpencil di Kutai Barat, Ryan menemukan beberapa kejanggalan dalam hari-hari pertamanya disana. Adanya luka jahitan di bagian perut pada beberapa pasiennya, penampakan sesosok gadis dengan wajah penuh luka juga hilangnya penduduk setempat secara misterius di tengah hutan pada malam hari. Ryan juga harus menghadapi warga yang antipati dengan kehadirannya kecuali gadis cantik anak kepala desa. Kedatangan dua orang temannya Deny dan Hasan akhirnya membawa Ryan pada suatu kenyataan yang mengerikan sekaligus menguak misteri yang ada di desa tersebut. Apakah Ryan berhasil selamat dan membongkar semuanya?

Gambar:
Sebagian besar diambil di pedalaman Kalimantan yang masih terisolir dan didominasi hutan lebat. Lightingnya kurang seimbang antara suasana siang hari dan malam hari meskipun tidak terlalu mengganggu.

Act:
Oka Antara memegang peran utama setelah mendukung film religi sukses. Sebagai dokter muda Ryan, dia menunjukan rasa apatis dan idealis terhadap keadaan yang sama sekali baru baginya.
Vicky Nitinegoro dan Farah Debby memulai debutnya tanpa kesan berarti sebagai teman Ryan yang juga didampingi oleh Kemal Vivaveni.
Patut dicatat kehadiran aktor senior Piet Pagau yang kali ini kebagian peran antagonis.

Sutradara:
Raditya Sidharta memulai debut penyutradaraan film panjangnya. Talenta yang cukup baik sebenarnya, hanya saja masih ada kekurangan eksplorasi cerita dan skenario.

Komentar:
Bukan film yang buruk, hanya saja inspirasi dari beberapa film thriller pakem Hollywood masih sangat terasa. Jika saja ada pendalaman karakter dan pengembangan cerita yang dihubungkan dengan budaya setempat, niscaya hasilnya akan lebih baik. Diperparah dengan gunting sensor di beberapa adegan yang dianggap cukup sadis.

Durasi:
90 menit

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Gw ga prnh nilai film dibawah 6 krn biar bagaimanapun itu sebuah karya seni
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10

Tidak ada komentar: