XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 03 Agustus 2010

20 30 40 : Kehidupan Cinta Wanita Tiga Generasi

Tagline:
They were looking for love... but they found each other.

Storyline:
Gadis Malaysia, Xiao Jie datang ke Taipei dengan cita-cita menjadi penyanyi pop yang akhirnya membawanya bertemu Tong Yi yang centil dan periang.
Pramugari, A Xiang memiliki banyak kekasih baik yang masih lajang ataupun beristri tetapi masih merasa belum menemukan pria yang tepat untuknya.
Pemilik florist, Lily baru saja bercerai dari suaminya yang selingkuh dengan wanita yang lebih mudah. Untuk meredakan kekecewaannya, ia berkencan dengan beberapa pria yang pernah tumbuh bersamanya di bangku sekolah.
Ketiganya menghadapi problema kehidupan yang tidak mudah dan mungkin membuat mereka semua lelah pada akhirnya dalam mengejar kebahagiaan..

Nice-to-know:
Diedarkan di Asia di bawah bendera Columbia Pictures Film Production Asia Limited yang bekerjasama dengan Tang Moon International Productions Co. Ltd.

Cast:
Pertama kali memenangkan Aktris Pembantu Terbaik Festival Golden Horse lewat Bi yun tian (1976), Sylvia Chang sebagai Lily.
Rene Liu sebagai A Xiang
Angelica Lee sebagai Xiao Jie
Kate Yeung sebagai Tong Yi
Tony Leung Ka Fai sebagai Zhang Shi-Jie 'Jerry'
Anthony Wong Chau-Sang sebagai Shi Ge
Richie Ren sebagai Wang (The Tennis Instructor)

Director:
Setelah membintangi sekitar 40 tahun, Sylvia Chang mulai menekuni profesi sutradara yang dimulai dari Jiu meng bu xu ji (1981).

Comment:
Menjadi satu-satunya film Mandarin yang terpilih untuk ditayangkan dalam Festival Film Brelin 2004 tentunya menjadi kebanggaan sendiri bagi seorang Chang Ai Chia yang bertindak sebagai aktris utama, penulis cerita sekaligus sutradaranya. Dan memang Sylvia disini masih menampilkan pesona wanita 40 tahunan yang dinamis dan menghindari kesepian. Menarik menyaksikannya berinteraksi seorang diri di depan cermin disamping profesinya yang merajut rangkaian bunga indah yang sempat membongkar rahasia suaminya sendiri. Angelica Lee sekali lagi membuktikan dirinya sebagai aktris berbakat dengan membawakan gadis 20 tahunan yang antusias dan berjuang mewujudkan mimpinya. Chemistrynya dengan Kate Yeung juga terasa natural di luar kebiasaan keduanya yang mempunyai kecenderungan lesbian. Lain lagi dengan Rene Liu yang terlihat dewasa di usia 30 tahunan tetapi sebenarnya rapuh dan kesepian di dalamnya.
Plot cerita masing-masing ketiga karakter tersebut pada satu dan beberapa kesempatan terasa saling terkait dan memiliki kekuatan cerita sendiri. Awalnya cukup menggigit, di pertengahan memang sedikit melambat dikarenakan durasi yang cukup panjang dan pada akhirnya ditutup dengan cukup kuat tanpa kesan dipaksakan. Sebagai sutradara Sylvia memberikan porsi yang seimbang dimana magnet pada setiap scenenya berpindah-pindah sehingga menciptakan melodrama Asia yang berisi sekaligus berkesan. Komposisi musik latar juga mampu membangun mood cerita dengan tepat. Tiga dekade ciri khas kehidupan seorang perempuan bisa jadi seperti itu. 20an merasa hidup dan mencoba semua hal, 30an merasa bersinar dan mencari kestabilan, 40an merasa matang dan menjadi wanita sesungguhnya terlepas dari sejauh apa yang sudah dimilikinya. Ah, saya tiba-tiba serasa mengerti wanita..

Durasi:
110 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: