XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 29 Agustus 2009

THE PROPOSAL : Pernikahan Palsu Berbuntut Perasaan Cinta

Quotes:
Margaret Tate-What am I allergic to?
Andrew Paxton-Pine nuts, and the full spectrum of human emotion.

Cerita:
Kepala editor perfeksionis, Margaret Tate dihadapkan pada situasi sulit saat mengetahui dirinya akan dideportasi ke Kanada sekaligus kehilangan jabatan prestisiusnya. Tak kehilangan akal, Margaret langsung menggaet asisten pribadinya, Andew Paxton untuk merencanakan pernikahan palsu demi perjanjian mutualisme bersama. Namun hal tersebut tidaklah mudah karena mereka diawasi lembaga hukum Amerika dan juga harus melewati serangkaian tes kecocokan satu sama lain. Sebelumnya, Margaret harus berakhir pekan di kampung halaman Andrew demi merayakan ultah ke-95 Nenek Annie. Bagaimana kedua insan ini berinteraksi pada akhirnya untuk memuluskan rencana masing-masing?

Gambar:
Sebagian besar mengambil lokasi di Massachusetts termasuk tempat kerja Margaret dan Andrew. Sedangkan nuansa berbeda didapat pada Sitka, kampung halaman Andrew yang sebetulnya bertempat di Newport, Rhode Island.

Act:
Memulai karirnya dalam Hangmen (1987), Sandra Bullock adalah salah satu aktris kelas A Hollywood yang masih aktif dengan berbagai peran termasuk sebagai Margaret Tate, wanita karir mandiri yang perfeksionis sekaligus dibenci anak buahnya.
Nama Ryan Reynolds tengah membubung tinggi di kancah perfilman Hollywood saat ini apalagi jika dibandingkan dengan debutnya dalam Ordinary Magic (1993). Sebagai Andrew Paxton, Ryan bermain menarik dengan memperlihatkan ketulusan hati sekaligus keseriusannya dalam bekerja.

Didukung pula oleh Craig T. Nelson dan Mary Steenburgen sebagai orangtua Andrew serta Betty White dan Malin Akerman sebagai Nenek Annie dan Gertrude yang juga mantan kekasih Andrew.

Sutradara:
Angkat nama saat menyutradarai debutnya Step Up (2006) yang mendapat sambutan baik, Anne Fletcher kembali dengan film ketiganya, The Proposal dengan menggaet ratu komedi romantis Hollywood dan aktor muda yang sedang naik daun dalam satu frame.

Komentar:
Secara keseluruhan jalan cerita The Proposal bisa ditebak, selayaknya komedi romantis. Tetapi yang menarik untuk disaksikan adalah proses menuju ke sana yang untungnya terasa manis di segala unsur. Pertama, kita punya Bullock yang menguasai genre ini sejak dulu yang dipadukan secara pas dengan Reynolds yang tengah laris walau baru saja melepas masa lajangnya. Kedua, cerita dunia karir antar bos wanita dengan bawahan prianya boleh jadi banyak terjadi di dunia nyata sehingga banyak memunculkan dialog tajam antar mereka. Ketiga, situasi yang semula tidak menguntungkan menjadi saling bersinergi untuk sebuah akhir yang menyenangkan di tempat yang terkesan indah dan sangat realistis. Sebagai produser, Bullock tahu betul apa yang harus dijualnya dan sebagai sutradara, Fletcher mampu mengeksekusi tugasnya dengan baik. Dengan demikian, saya tidak ragu menobatkan film ini sebagai komedi romantis terbaik tahun ini yang akan dengan mudah disukai publik!

Durasi:
105 menit

U.S. Box Office:
$159,166,329 till end of Aug 2009

Overall:
8.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

1 komentar:

Hafizophonic! Studio mengatakan...

Well...
Ini film yang ingin gue tonton week ini. Thanks for the review.

-Fiz